Honda Mobilio teranyar dirilis tanpa kenaikan harga. Lalu rombakan yang dilakukan juga sangat minor. Semua bermula dari cara pandang mereka. Pada dasarnya, pabrikan melihat ada tiga macam tipe konsumen yang membeli kendaraan Low MPV. Mulai dari basic function, smart user dan trend seeker. Ubahan itu dirasa cukup bagi produsen.

Begini penjelasanya. Konsumen yang tergolong basic function, mereka yang sekadar melihat manfaat dan fungsi mobil sebagai penunjang harian. Tipe kedua smart user, ialah konsumen yang bersikap kritis. Selalu mempertimbangkan kelebihan fitur, value, biaya operasional, keamanan dan layanan purnajual. Dan yang terakhir, trend seeker yang mementingkan tren model anyar. Kebanyakan mereka membeli atas dasar emosional. Porsi pembeli yang terakhir amat kecil.

Menurut Honda Prospect Motor, 60% penjualan Mobilio berasal dari varian menengah ke bawah. Artinya, konsumen yang membeli mobil mereka ialah tipe yang butuh alat mobilitas. Maka, HPM sangat fokus pada Mobilio E dan di bawahnya. Varian E kini punya lampu proyektor halogen, sisipan aksesori eksterior, pelek dual tone dan head unit 6,2 inci yang kaya fitur.

“Sekitar 24 ribu Mobilio tersalurkan ke konsumen tahun lalu. Terlihat, konsumen smart buyer dan basic function sangat mendominasi. Pertimbangan mereka bukan sekadar desain semata, tapi value yang didapatkan. Hadirnya model anyar ini, kami harap penjualannya bisa sama. Setidaknya bisa 20 ribuan unit tahun ini,” terang Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, saat membuka acara test drive Mobilio.